March 22, 2011 by Ace

Kemang Guidance for Southwingers

KEMANG yang terletak di bilangan Jakarta Selatan, tempat yang kecil namun menjelma jadi urat nadi kawasan hiburan bagi kaum warga Jakarta pada umumnya dan khususnya buat warga Jakarta Selatan.
Hiburan yang bakal gw bahas ada dua bagian. So let's begin !

A. HIBURAN SIANG HARI (Day Entertainment)

Saat siang hari daerah kemang yang notabene merupakan daerah padat pemukiman warga penduduk asli jakarta (baca : betawi) juga dikepung oleh banyaknya perumahan modern baik berupa townhouse atau apartemen yang dihuni oleh karyawan ekspatriat (baca : bule) baik bule Eropa ampe Asia tumplek blek bermukim disini. Yang mana pada akhirnya menjadikan banyak investor lokal maupun international yang berlomba untuk turut meramaikan kawasan kemang dengan membuka lapak dagangan mereka.

Tempat - tempat yang biasanya menjadi primadona di kemang saat siang hari (ada juga dari sebagian tempat yang gw tulis nanti dibawah yang buka sampai 24 jam):

1. Plaza La Codefin.
Di plaza ini banyak banget tempat makan yang enak seperti : Burger King / Barcode resto and club yang terletak di bagian rooftop / Sushi dan masih banyak lagi yang gw kgk bisa ingat satu-satu namanya, ditambah beberapa tempat coffee shop yang udah mumpuni juara semacam Oh La La Cafe. SouthWinger sering nongkrong disini saban jumat atau malam minggu. Vitaminnya juga juara banget disini!

2. Kemang Food Fest.
Terletak diseberang plaza La Codefin. Kemang Food Fest menyediakan menu makanan yang juga kagak kalah enak seperti : Dim Sum Festival yang buka 24 hours.Tempat ini juga dikenal ramah buat yang koceknya terbatas karena kita bisa nongkrong juga dengan modal satu pitcher "ES TEH MANIS" dengan harga kurang lebih Rp 10.000!

Vitaminnya juga bagus bagus disini cuma karena tempatnya yang temaram alias remang-remang suka agak susah buat ngeliatnya dari kejauhan sehingga musti dikelilingin satu lap dulu. Btw ada satu restoran didalam kemang food fest yang ada view kolam renangnya juga tapi gw lupa namanya so silahkan di eksplor deh!

Letak antara kemang food fest dengan plaza la codefin yang berdekatan juga bersebrangan merupakan salah satu titik pusat kemacetan di daerah kemang saat weekend. Be patience guys...!

3. Mc Donald Restoran (Open 24 hours).
Banyak target bagus disini paling banyak kaum abg selatan.

4. KFC Restoran (Open 24 hours).
Areanya luas bisa buat meeting disini.

5. 7 Eleven supermarket (Open 24 hours).
Lagi juara banget nih tempatnya !

6. Starbucks Coffee (Open 24 hours).

7. Warung Pasta.

8. D-cost Seafood.

9. Kekun Coffeeshop and Bookshop.
Terletak di awal jalan bangka (masuk dari arah mampang). Tempat yang cocok buat para coffee lover and bookworm.

10. Tea Addict.
Buat para pencinta and penikmat teh sejati, terletak di jalan kemang raya.

11. Aksara bookstore.
Buat yang suka buku genre creative and design serta buku2 umum dari luar negri juga merchandise aneh and unik ada disini. Di dalamnya juga ada toko musik yang ngejual musik dgn selera indie, ada jualan piringan hitam juga. Ditambah sekarang ada ruangan baru Bike Shop buat para penggemar sepeda "FIXIE". Vitaminnya disini asik bgt and beragam bgt dari mereka yang abg hingga dewasa. Kita suka vitamin yang smart bukan....???

12. Box Mart supermarket.
Terletak seberang Kemang Food Fest, buat nongkrong ala "street punk" disini tempatnya! Tinggal beli bir sebotol nongkrongnya ambil lesehan or jongkok terus ketawa ketiwi selama 3 jam! Banyak vitamin bertato disini.

13. Splash area.
Terletak di jalan satu arah puteran kemang - masuk dari Mc Donald. Lebih hidup saat malam hari karena ini tempatnya para bule hangout.

14. Little Baghdad.
Small resto dengan konsep nuansa timur tengah, minuman non alcohol yang terletak di seberang Splash area.

15. Pizza Hut.

16. Nasi goreng Kemang.

17. Celebrity Fitness.
Terletak di kompleks sebelum Mc Donald. Kalo beruntung elo bisa nemuin cewek - cewek para instruktur aerobiknya di Mc Donald lagi santai2 disana.

18. dan beberapa toko Fashion butik juga beberapa toko Pet Shop, Fashion butik yang paling IN adalah yang berjejer toko satu dengan yang lainnya diseberang Kemang Food Fest.

B. HIBURAN MALAM (Night Entertainment)

Kemang di saat malam merupakan daerah yang "WILD" karena tempat kemang yang notabene kecil jalan masuknya dipadati oleh berbagai macam tipe dan merek kendaraan bermotor (baca:mobil dan motor). Dibutuhkan kesabaran full buat melintas di daerah kemang saat weekend juga buat dapet tempat parkir yang nyaman. Tarif parkir mobil biasanya berkisar antara Rp 10.000,- dan motor Rp 5.000,-

Untuk urusan hiburan malam, kemang salah satu jagoannya selain daerah hiburan di bilangan kota.
Club - club yang ada di kemang diantaranya adalah :

1. Niteflight.
Club kecil dengan layout ruangan yang memanjang. Disini disuguhkan penari topless saat sabtu perform jam 1 dan jam 3. Tidak begitu bagus kualitas soundsystemnya. Namun sangat underground style.

2. Triple Nine.
Club yang lagi happening bgt dikemang karena walaupun bukan disaat weekend club ini punya base crowd yang selalu dateng. Segment pasarnya kalangan partygoers A+ and B. Soundsystemnya juga juara!

3. Tipsy.
Club ini dengan club venue satu management. Tipsy tergolong club kecil namun banyak dj2 papan atas sekarang yang berawal dari tipsy. Soundsystemnya lumayan deh.

4. The Green.
Baru saja Reimage nih club jadi belom sempet liat gimana kondisi sekarang.

5. Nu china.
Small club dengan soundsystem juara, layout ruangannya memanjang dan baru2 ini juga buka Nu China Kitchen dekat 7 Eleven supermarket. Kalau para brader melintas di daerah kemang saat jam 21 - 01.00 pas weekend terutama di hari sabtu maka club dari nomer 1 sampai 5 merupakan salah satu titik kemacetan selain titik antara plaza lacodefin dengan kemang food fest karena letaknya yang juga berdekatan, bersebrangan dan lahan parkir yang mengambil bahu jalan. Once again be patience guys....!

6. Amor Club.
Small club...soundsystemnya bagus. Juga ada Amor cafe yang buka 24 hours buat "basi'an".

7. Barcode Club.
Tempatnya luas dan musiknya lebih mendekati musik2 seperti layaknya di X2/Blowfish/Dragonflykarena yang punya adalah DJ Riri salah satu DJ top Indonesia. Soundsystemnya juara.

8. NO2 (baca:En-O-Two).
Small club...tidak begitu bagus kualitas soundsystemnya.

9. Venue.
Small club...tidak begitu bagus kualitas soundsystemnya tapi nih tempat selalu rame ama abg terutama saat hari rabu di event Hip Hop'nya.

10. Second Floor.
Saat ini boleh dibilang Second Floor merupakan "The King of Kemang Club". Salah satu PR'nya adalah Pretty Asmara yang punya gawean bikin acara Celebrities Night disana dan brader tentunya sudah kebayang bukan siapa ajah yang datang....???

11. Rolling Stone Cafe.
Konsepnya lebih ke rock n roll dengan adanya live performance band rock karena ditempat ini juga berkantor majalah "Rolling Stone" yang legendaris itu. Terletak di jalan Ampera.

12. The Rock Cafe.
Sama seperti Rolling Stone Cafe bernuansakan rock dengan banyak live performance rock band. Terletak di hotel Grand Flora - sebelum Mc Donald.

13. 365 Eco Bar.
Terletak satu kawasan parkir dengan Aksara Bookstore. Konsepnya lebih casual and santai bahkan bisa masuk pake celana pendek juga kok. Tempat yng nyaman juga soundsystemnya oke punya!

Tips buat hangout ke Kemang :

> Prepare bawa duit banyak or back up dgn membawa atm atau kartu kredit.
Jaga2 kalo mo lanjut hangout ke clubnya juga. Siapa tahu udah ngehit ternyata si target ngajakin dugem di kemang. Dan juga harga rata - rata makanan serta minuman di kemang boleh dibilang mahal.
FDC (Food and Drink Charge) buat masuk ke club dikemang antara Rp 60 - 80 ribu.
> Usahain agar style sangat selatan bgt (Baju / Celana /Sepatu /Rambut /Accesories). Simple tapi Kualitas !

Sekian dari gw. Semoga dapet ngebantu para brader khususnya yang baru lulus (baca:newbie) buat panduan tempat jika ingin mengasah "HIT SKILL" di daerah Kemang - Jakarta Selatan dengan tidak menutup kemungkinan bisa jadi acuan buat brader lainnya dari daerah juga.

Have fun guys ^.^
Cheers,
Ace A.K.A DJ Haji

5 comments:

Vel Equileus said...

Waaah Guidance langsung dari The Duke of Kemang! Thanks bro, really helpful for Kemangers Newbies :)

Ace said...

Sami - sami bro :-)

ZEE said...

Oh iya kalo pengen makan yang murah meriah yang lumayan enak bisa mampir ke warung nasi rames tuh yang di depan nya commonwealth bank pinggir jalan :)

Ace said...

bener banget!

adi - Dunia Lelaki said...

Wah, sudah diobok2 nih kotanya, sampe tahu semua bro